Skema rangkaian subwoofer transistor 100 watt

Dalam tulisan ini kita akan membahas skema subwoofer transistor dengan daya 100 watt, memiliki rangkaian yang cukup sederhana karena menggunakan komponen utama transistor sehingga kita bisa dengan mudah membuatnya, masing-masing komponen juga mudah ditemukan di pasaran. Membuat sendiri subwoofer dengan daya tinggi akan memberikan hasil maksimal karena penguatan yang dihasilkan dapat memberikan suara jauh lebih bagus pada woofer kita daripada keluaran amplifier biasa sehingga sangat patut untuk dicoba.

Alasan lain, memisahkan output dari woofer dengan penambahan rangkaian subwoofer aktif 100 watt akan memberikan suara yang maksimal karena disini woofer yang dipasang akan lebih fokus menghasilkan nada bass daripada tercampur dengan penguatan biasa pada amplifier yang pada umumnya akan menghasilkan nada seimbang antara nada rendah sampai tinggi.

Pada umumnya skema subwoofer dengan IC sebagai komponen utamanya lebih mudah ditemukan karena sudah sangat banyak pilihan sekarang ini, namun rangkaian yang menggunakan transistor juga tidak kalah kalau soal suara yang dihasilkan. Apalagi untuk menghasilkan suara kencang dan bass empuk dengan  penguatan yang lebih baik bisa diatur dengan baik, transistor masih menjadi pilihan menarik untuk dibuat.

Skema dan daftar komponen

Berikut ini kita dapat menyimak komponen apa saja yang digunakan pada rangkaian subwoofer dengan watt tinggi berikut, untuk kegunaan rumahan atau dalam ruangan sudah sangat cukup mengingat daya yang dihasilkan adalah 100 watt per channel, sehingga kalau kita membuat ganda channel kiri dan kanan tentu akan menghasilkan nada bass cukup nendang untuk ukuran kegunaan sendiri.

Pada gambar diatas kita dapat melihat masing-masing nilai komponen yang digunakan, dimana komponen utama adalah 7 buah transistor yang akan menghasilkan penguatan dengan daya cukup tinggi. Kalau ingin membuat subwoofer stereo maka tinggal membuat satu sisi lagi sehingga akan menghasilkan rangkaian dengan konfigurasi lebih baik dari sebelumnya.

Yang perlu diperhatikan dari rangkaian diatas adalah saat menggambar pcb layout maka sebisa mungkin membuat jalur yang ringkas sehingga akan lebih efisien, juga mencegah timbulnya noise yang mengganggu.

Berikut ini poin-poin yang harus diperhatikan:

  1. Rangkaian ini dapat ditenagai dari catu daya ganda +35V / -35V, 5A.
  2. Menggunakan subwoofer 100W, 12 inci pada output.
  3. Semua kapasitor elco yang digunakan harus memiliki tegangan diatas 100V.
  4. Transistor Q4 ke Q7 harus dilengkapi dengan pendingin.

Apa yang patut diperhatikan

Penting untuk memperhatikan pasokan power supply yang digunakan pada rangkaian subwoofer dengan transistor diatas, yakni menggunakan tegangan  kerja 35 volt. Konfigurasinya adalah +35 volt, ground, -35 volt.

Sehingga power supply yang digunakan harus memiliki tegangan negatif 35 volt, ini tentu dapat dibuat terpisah dari amplifier yang digunakan pada speaker lainnya sehingga akan lebih efektif dan menghasilkan tegangan yang jernih dan kuat untuk mengangkat woofer yang dipasang.

Penting juga untuk memasang plat pendingin pada transistor dengan sirip yang cukup besar, seperti halnya pada power ampli OCL karena transistor akan menghasilkan panas yang harus tersalurkan sehingga lebih lama umur pemakaiannya.

Leave a comment