Skema pemancar fm tuner 88-108 MHz

Menemukan rangkaian pemancar radio fm menggunakan komponen tuner bekas dan beberapa buah transistor rasanya sangat menarik, apalagi kalau kita dapat merubah skema pemancar fm tuner yang bekerja pada sinyal fm rentang frekuensi 88-108 Mhz dan merangkai sendiri menjadi kit yang siap pakai dan dapat digunakan.

Memang tidak mudah mewujudkan sebuah skema pemancar radio tuner fm menjadi sebuah rangkaian yang dapat dipakai dalam keperluan sehari-hari, perlu perancangan matang sehingga kita dapat mewujudkan skema tersebut kedalam pcb layout kemudian mencari tiap-tiap komponen untuk dirangkai menjadi barang yang siap digunakan.

Namun dengan kegigihan untuk belajar dan berlatih, maka bukan hal mustahil menjadikan semua itu kenyataan apalagi ada minat hobi yang tinggi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan dunia elektronika. Akan semakin mempermudah untuk membuat sendiri sebuah pemancar fm sederhana sekitar 8-10 watt dengan daya pencar tinggi, dan menggunakan power supply sederhana sebagai adaptornya.

Contoh rangkaian pemancar fm

Dibawah ini adalah salah satu contoh rangkaian pemancar fm dengan beberapa komponen utama terdiri dari transistor dan varco atau capasitor variable, yang akan bekerja pada frekuensi 88-108Mhz, namun pada akhirnya tergantung bagaimana kita melakukan pengetriman pada rangkaian tersebut.

Perlu diketahui bahwa skema ini memiliki bagian utama yakni osilator Colpitts. C3, C4, C5, C6, CD1-CD2 dan L1 menentukan frekuensi transmisi. Blok rangkaian RF Oscillator menggunakan transistor MosFet BF982 yang merupakan bagian aktif, kemudian 2 transistor lainnya memisahkan VCO dari antena.

Pada blok pertama BF199 akan menguatkan sinyal lemah dari vco dan berfungsi dalam beban yang tetap. BFR90 tahap kedua menguatkan sinyal rf untuk memuat antena yang selanjutnya memancarkan daya frekuensi radio.

Untuk antena yang digunakan dapat berupa konstruksi satu kawat atau dua kawat, panjang 70 cm. L1 coil memiliki kawat tembaga setebal 1mm, 3,5 putaran, diameter 5 mm, dan jarak antar 1mm.

Perlu diketahui

Ada kalanya kita menemukan rangkaian pemancar atau kit yang sudah jadi, namun akan sulit meniru tipe komponen yang digunakan karena masing-masing komponen nilainya sudah dihapus sehingga tidak akan dapat diketahui tipe dari komponen tersebut.

Untuk itu, amat penting ketika kita menggunakan skema buatan sendiri untuk selanjutnya merangkai kedalam pcb kosong sehingga dapat menggunakan tipe komponen yang jelas, dan bila terjadi kerusakan dapat dengan segera menggantinya.

Pengaturan frekuensi pada pemancar fm tersebut juga menentukan direntang frekuensi berapa pemancar tersebut bekerja, ini penting sebelum kita menggunakan lebih jauh maka perlu melakukan pengaturan frekuensi terlebih dahulu.

Pada akhirnya, ada rasa puas tersendiri ketika kita dapat merangkai pemancar fm dari hasil buatan sendiri. Menggambar skema kedalam pcb kemudian memasang satu demi satu komponen yang digunakan, dan melakukan penyetelan sendiri, ini akan memberikan rasa puas yang akan muncul dalam diri dan dengan hasil tersebut akan membuktikan bahwa kita memiliki kreatifitas untuk membuat sesuatu dengan perancangan sendiri.

Leave a comment