Skema ampli 10 watt (rangkaian amplifier IC TDA2030 dan TDA2003 20 watt)

Memiliki rangkaian mini ampli 8 watt sampai dengan 15 watt stereo rasanya sangat membanggakan, namun dengan skema ampli 10 watt memakai IC TDA2003 ini rasanya akan memberikan jawaban dari rasa ingin tahu kita bahwa sebuah amplifier yang menggunakan penguat IC dapat pula memberikan output power yang memuaskan.

Tidak hanya itu, ternyata rangkaian amplifier IC TDA2030 juga mempunyai kelebihan dari segi sederhananya rangkaian yang dimiliki, ini berkat adanya komponen utama IC TDA 2030 yang sangat membantu, sehingga lebih meminimalisir penggunaan komponen, tidak seperti ampli yang memakai transistor dimana komponen-komponen lain biasanya jumlahnya lebih banyak.

Rangkaian ampli 10 watt mono menggunakan IC TDA 2030

Ini adalah bentuk sederhana dari penggunaan IC power untuk keperluan audio amplifier, kita akan mendapatkan output yang bersih dan dapat diandalkan.

Sehingga tidak perlu repot-repot lagi membuat skema menggunakan transistor, maka untuk keperluan yang lebih simpel ini adalah solusinya.

Sebagai contoh, silakan simak skema amplifier 10 watt dibawah ini, yang menggunakan komponen tidak begitu banyak namun sudah menghasilkan output yang sangat bagus. Sehingga kita dapat meminimalisir tempat, sumber daya, dan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan komponen.

Pada skema diatas, power amplifier tersebut menggunakan komponen utama IC TDA2030, dimana sumber daya yang digunakan adalah power supply 15 volt.

Rangkaian amplifier 20 watt (10×10 watt stereo)

Pengembangan dari kemudahan menggunakan IC tipe TDA misalnya TDA2003 memberikan ide untuk membuat versi stereo dari rangkaian yang tadinya sangat sederhana. Jadi kita hanya perlu menambahkan satu kanal lagi sehingga tersedia 2 kanal kiri dan kanan, yang akan memberikan output total 20 watt.

Ini sangat mudah dilakukan, ketika kita sudah memiliki basic rangkaian ampli 10 watt mono dengan IC TDA 2030, TDA 2003, atau TDA 2004 kemudian dikembangkan sehingga memberikan rangkaian utuh yang memiliki fungsi stereo, sehingga memudahkan kita saat merakitnya menjadi perangkat yang lebih kompak, misalnya untuk membuat skema speaker aktif menggunakan IC power, maka ini dapat diwujudkan.

skema amplifier TDA2003 dari website circuitbasics.com

Untuk keperluan yang lebih banyak, pengembangan dari rangkaian ampli memakai IC TDA tersebut dapat dijumpai dalam berbagai rangkaian. Sebut saja pada rangkaian speaker aktif, tape mobil, serta pada rangkaian pesawat radio yang membutuhkan daya lebih besar.

Kita dapat mengembangkan pula rangkaian tersebut sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal sesuai keinginan, memang perlu sedikit kreasi, namun hasil yang didapat tidak akan merugikan kita karena selain mendapatkan tambahan pengetahuan maka kita juga dapat memilih sesuka hati tiap komponen yang digunakan, sehingga diharapkan mendapat hasil lebih maksimal.

Maka dari itu,tidak ada salahnya mencoba sendiri skema tersebut untuk kemudian diterapkan dalam praktek nyata, memang kita perlu melakukan persiapan secara menyeluruh mulai dari penggambaran pada layout PCB, sampai pada proses pencarian komponen yang harus dikumpulkan agar terbentuk rangkaian utuh.

Leave a comment