Rangkaian amplifier toa masjid 100, 200, 300, 1000 watt

Membuat sendiri skema rangkaian amplifier toa untuk masjid dengan alat dan bahan yang sudah dipersiapkan sebelumnya memberikan kepuasan tersendiri, apalagi kalau power toa 300 watt atau 1000 watt tersebut memberikan kualitas suara yang mumpuni, tentu akan ada rasa bangga dapat membuat sebuah skema ampli toa masjid yang memiliki daya besar dan mewujudkan kedalam sebuah rangkaian siap pakai.

Skema power toa 200 watt stereo memberikan gambaran tersendiri mengenai rangkaian dengan output sangat layak digunakan untuk menguatkan speaker toa sehingga menghasilkan suara yang maksimal.

Pemilihan amplifier yang cocok untuk toa

Memang tidak mudah menentukan seperti apa power amplifier yang hendak digunakan dalam speaker toa karena ini menyangkut kualitas suara yang dihasilkan, dan bagaimana memaksimalkan power yang ada sehingga bisa menghasilkan performa mumpuni dengan power supply yang paling sesuai. Ini memerlukan kecermatan dalam memili jenis amplifier yang sesuai.

Salah satu rangkaian power toa yang bagus telah kami pilih diantaranya adalah seperti dalam gambar skema dibawah ini, dimana kita dapat memahami masing-masing komponen yang digunakan sehingga bisa menghasilkan output maksimal.

Silakan simak skema berikut beserta daftar komponen yang terlampir pada gambar langsung.

Untuk melihat gambar lebih besar beserta komponen-komponen yang digunakan silakan klik pada gambar yang ada, sehingga kita dapat menemukan tiap nilai komponen yang digunakan. Namun lebih jelas mengenai tiap komponen yang digunakan tentu kita dapat menilai sendiri apakah diperlukan komponen pengganti atau harus mencari masing-masing komponen yang sama tipe dan nilai besarannya.

Penjelasan

Untuk memperoleh penguatan maksimal dari skema rangkaian ampli toa diatas maka diperlukan sumber daya yang mumpuni, yakni power supply dengan ampere yang cukup untuk mencatu power ampli dengan watt lumayan tinggi 100 watt. Dimana kita memerlukan trafo 5 ampere untuk melakukan ini, dan kemudian komponen-komponen lain pada rangkaian amplifier itu sendiri juga perlu menggunakan komponen dengan kualitas tinggi, sehingga menghasilkan suara yang maksimal.

Demikian pula penggunaan loudspeaker, harus memenuhi kriteria sehingga apa yang diharapkan dari hasil maksimal di sektor audio dapat terpenuhi, sehingga kita benar-benar memperoleh hasil yang maksimal.

Ini harus ditunjang dengan sistem instalasi yang baik pula, menggunakan kabel audio yang sesuai standar, dan memperbaiki setiap kesalahan yang ada misalnya penyempurnaan adanya dengung atau noise yang muncul sehingga diperoleh hasil maksimal dari apa yang sudah dicapai.

Jangan lupakan pula bagaimana kita merakit power ampli itu sendiri, karena untuk memenuhi keperluan amplifier tingkat tinggi misalnya untuk keperluan ampli toa masjid atau power besar lainnya maka diperlukan pula penyusunan tata letak yang baik sehingga noise yang muncul dapat diminimalkan.

Pilihan lain amplifier toa masjid 200 watt

Selain contoh rangkaian ampli toa diatas kita masih memiliki pilihan lain yang tidak kalah bagus kalau dirakit menjadi power jadi, karena skema ampli toa masjid 200 watt ini menggunakan komponen yang handal sehingga mampu menghasilkan suara maksimal kalau didukung dengan pembuatan yang baik.

Pada gambar diatas kita sudah dapat melihat skema dengan lebih baik disertai daftar komponen yang tertulis pada gambarnya, sehingga dapat dibuat dengan mengumpulkan komponen tersebut.

Tegangan kerja dari skema amplifier 200 waatt tersebut adalah 24 volt dengan menggunakan transformator 5 A, sehingga diperoleh daya maksimal untuk mengangkat power toa yang lumayan berat. Pada prakteknya kita memerlukan komponen kualitas tinggi dan ide kreatif untuk membuat rangkaian power amplifier yang benar-benar dapat diandalkan.

Leave a comment