Modif tone control biar bass nendang, empuk, mantap

Memiliki rangkaian amplifier buatan sendiri memang memberikan ras puas dalam hati, namun kadangkala masih saja ada yang dirasa kurang dari apa yang kita buat. Untuk itu, kali ini akan dibahas mengenai modif tone control bass nendang atau dengan kata lain mengubah tone control agar bass empuk dan mantap. Ini memberikan ide bagi kita akan dapat memaksimalkan sumber yang ada sehingga diperoleh sebuah rangkaian yang lebih efisien dan memuaskan dari segi keinginan kita.

Memberikan tambahan pada tone control dengan harapan akan meningkatkan kualitas suara seperti keinginan memang dapat dilakukan, khususnya mengotak atik bagian komponen yang ada hubungannya dengan potensio bass, treble, dan middle kalau memang menggunakan potensio mid.

Ini diharapkan dapat memberikan rentang frekuensi yang lebih luas atau penyetelan pada rentang frekuensi tertentu sehingga salah satu nada yang dihasilkan tone control tersebut akan terdengar menonjol, dalam hal ini yang akan kita inginkan adalah nada bass yang lebih terasa nendang dan kuat.

Contoh rangkaian tone control yang dapat dirubah nilai komponennya

Pada prakteknya memang tidak mudah untuk mendapatkan efek bass yang kuat dan menghentak, atau istilah kerennya nendang. Karena selain mengubah tone control, kita juga memerlukan perubahan pada daya power amplifier yang lebih besar, speaker yang mumpuni, dan power supply yang mendukung.

Namun secara ringkas akan kita ulas mengenai bagaimana cara menambah nada bass pada tone control sehingga lebih empuk dan mantap.

Intinya adalah perubahan nilai resistor, dan capasitor disekitar potensio, untuk mengurangi atau menambah efek bass maka kita perlu mengubah nilai komponen tersebut, terutama resistor.

Seperti yang ditunjukkan pada skema tone control dibawah ini yang bisa memberikan gambaran pada kita. Silakan dicermati komponen sepasang resistor dan capasitor yang mengapit potensi bass pada gambar berikut.

Lantas seperti apa perubahan yang harus dilakukan, ini tergantung keperluan kita. Bisa dengan menambah besar nilai resistor tersebut untuk mendapatkan nada bass yang lebih kuat atau malah mengurangi nilainya, silakan ditentukan sendiri melalui percobaan.

Kalau rangkaian yang Anda miliki dirumah berbeda, kuncinya adalah sama yakni perubahan pada resistor dan capasitor mylar yang berada disekitar potensio. Ini akan memberikan efek bass yang lebih berasa besar atau malah tipis, tergantung perubahan yang kita lakukan.

Apa yang dapat disimpulkan

Demikianlah, kita dapat memperkirakan sendiri melalui praktek dengan mengubah nilai komponen-komponen seperti atas, dan akan nampak bedanya dengan yang sebelum dirubah.

Sehingga akan cocok dengan speaker dan power amplifier yang digunakan. Kalau dirasa kurang maksimal, maka cara lain adalah menambahkan rangkaian penguat bass misalnya giga bass dan super galaxy. Namun ini juga memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, ulasan yang lebih lengkap akan kita bahas dalam pertemuan mendatang.

Leave a comment