Langkah-langkah ganti kabel headset bass reflex agar kompatibel untuk Android dan iOS

Mempunyai koleksi barang lawas kadangkala memberikan kenangan tersendiri apalagi barang tersebut pernah kita pakai sehari-hari sehingga amat sulit melepaskan untuk pemakaian sehari-hari. Sehingga kita perlu melakukan upgrade agar dapat digunakan untuk gadget masa kini yang memiliki fitur lebih lengkap.

Salah satu barang yang memberikan nilai nostalgia amat kental adalah earbud sony ericsson hpm-64 bass reflex, karena barang ini dulunya adalah bawaan hp seri w, k, dan seri lainnya yang cukup fenomenal. Maka tidak jarang pemilik barang ini masih menginginkan agar earbud dapat dipakai untuk hp android dan iphone, maupun player lainnya dengan jack 3.5 mm.

Kali ini kita akan mencoba tahap demi tahap mengganti kabel headset hpm64 yang merupakan kabel dengan jack sisir sony ericsson, diganti menggunakan kabel silverplated dengan jack 3.5 mm yang dapat digunakan untuk standar hp dan komputer saat ini.

Membuka housing earbud hpm-64

Pertama tama akan kita buka housing earbud bass reflex hpm-64 yang saya peroleh dari salah satu distributor sony ericsson, earbud ini termasuk new old stock dengan kualitas yang sangat bagus dari segi build quality solid dan suara tidak mengecewakan.

Earbud yang akan kita ganti kabel adalah hpm-64 warna biru muda dengan finishing metalik. Sebenarnya earbud ini berseri hpm-64d yang merupakan bawaan hp w508 kalau tidak salah.

Sedangkan kabel gantinya yang digunakan adalah kabel silverplated warna putih dengan jack hitam berlabel sennheiser, menurut saya ini adalah jack umum buatan china.

Langkah pertama, kita buka karet melingkar yang merupakan pengunci depan housing earbud ini, kemudian diangkat bagian driver atau loudspeaker agar renggang dan dapat ditarik kedepan.

Kuncian earbud hpm64 ini lumayan mudah dibuka dan pasang, sangat mudah untuk ukuran earbud lawas memang layak dibeli dengan harga yang murah kita mendapatkan body dan suara mantap.

Setelah semua terbuka, maka akan nampak tampilan seperti diatas. Yang perlu di ingat adalah pemasangan kabel nanti jangan sampai terbalik antara bagian L dan R.

Memasang kabel dengan hati-hati

Langkah selanjutnya adalah mengukur bagian kabel kiri dan kanan agar tidak terbalik dalam pemasangannya. Dapat di ingat bahwa kabel L atau kiri terhubung dengan ujung jack, sedangkan kabel R terhubung dengan cincin atau lingkar kedua dari jack.

Selanjutnya kita masukkan ujung kabel pada masing-masing karet earbud seperti gambar dibawah ini.

Oh ya, memasang kabel terlebih dahulu pada karet kemudian ditarik panjangnya sesuai ukuran yang nantinya akan dipasang pada housing tengah.

Dan setelah kabel dirasa pas, maka kita kembalikan kuncian bagian housing belakang dan dipasang ke housing tengah sampai terkunci. Proses ini amat mudah sehingga kita dapat memasangnya dengan cepat.

Penampakan akhir earbud yang sudah diganti kabel adalah seperti pada gambar diatas. Pastikan panjang kabel antara kiri dan kanan adalah sama panjang, kalau belum sama kita dapat mengatur dengan menarik kabel masing-masing ujung earbud.

Kabel yang digunakan pada earbud diatas akan menghasilkan suara yang lumayan bersih, peningkatan pada sektor treble, separasi, dan bass lumayan lebih kuat impact nya.

Kalau menginginkan warna suara yang lain maka kita dapat mengatur dengan kabel jenis lain misalnya kabel pure copper, yang akan menghasilkan suara lebih warm, bass besar dan vokal basah. Banyak pula pilihan kabel dari harga yang murah sampai kabel dengan harga tinggi misalnya kabel oyaide, litz, dan kabel custom lainnya.

Leave a comment