Fungsi CRT televisi, pengertian, kepanjangan (struktur dalam tv crt)

Fungsi CRT pada TV adalah sebagai komponen utama yang menunjang terbentuknya gambar sehingga bisa tampil di layar dan akhirnya dilihat oleh kita sebagai pemirsa. Sehingga lebih baik kalau memahami apa itu pengertian crt tv dan juga kepanjangan pada pesawat televisi sehingga kita dapat menarik sebuah kesimpulan penting mengenai komponen yang satu ini serta perannya dalam perangkat elektronika misalnya perangkat yang menggunakan komponen tabung atau crt.

Struktur dalam CRT TV terdiri dari beberapa bagian penting yang akan menyusun satu kesatuan sehingga dapat memproses sinyal dari rangkaian PCB dan diteruskan mengolahnya menjadi pancaran gambar pada layar crt.

Pengertian dan kepanjangan

Layar tabung pada televisi atau CRT adalah singkatan dari Cathode Ray Tube jadi kepanjangan crt sudah kita ketahui. Perangkat ini merupakan komponen utama sebuah pesawat televisi monitor komputer serta perangkat lainnya yang menggunakan teknologi crt sebagai penampil gambar.

Pengoperasian komponen CRT pada prinsipnya sangat simpel dan mendasar. Tabung sinar katoda terdiri dari satu atau lebih pemancar elektron, mungkin pelat defleksi elektrostatis internal dan target fosfor. CRT mempunyai 3 pemancar sumber elektron – satu untuk masing-masing (Merah, Hijau, dan Biru) ditunjukkan dengan jelas pada gambar. Sinar elektron menghasilkan titik kecil yang terlihat terang ketika menyerang layar berlapis fosfor.

Fungsi dan struktur CRT

Di setiap perangkat televisi atau monitor komputer, seluruh area depan tabung dipindai secara berulang dan sistematis dalam pola tetap yang disebut raster. Gambar (raster) ditampilkan dengan memindai berkas elektron melintasi layar. Target fosfor mulai memudar setelah waktu yang singkat, gambar perlu disegarkan terus menerus. Dengan demikian CRT menghasilkan tiga gambar warna yang merupakan warna primer yakni warna merah hijau dan biru.

Lebih jelasnya dapat kita lihat pada gambar struktur dalam CRT berikut ini dimana masing-masing bagian ditampilkan dengan penamaan sendiri.

Bisa kita lihat pada gambar diatas bahwa heating filament atau lampu filamen katoda pada suhu yang lebih tinggi dan elektron mengalir dari katoda yang dipanaskan ke permukaan katoda. Anoda akselerasi memiliki lubang kecil di tengahnya dan dipertahankan pada potensial tinggi, yang memiliki polaritas positif. Urutan tegangan ini adalah 1 hingga 20 kV, relatif terhadap katoda. Perbedaan potensial ini menciptakan medan listrik yang diarahkan dari kanan ke kiri di wilayah antara anoda akselerasi dan katoda. Elektron melewati lubang dalam perjalanan anoda dengan kecepatan horizontal konstan dari anoda ke layar fluorescent. Elektron menghantam area layar dan bersinar terang.

Selanjutnya deflection plate atau 2 pasang lempeng plat akan membelokkan berkas elektron. Medan listrik antara pasangan pertama pelat membelokkan elektron secara horizontal, dan medan listrik antara pasangan kedua membelokkannya secara vertikal, elektron bergerak dalam garis lurus dari lubang di anoda akselerasi ke tengah layar ketika tidak ada bidang membelokkan hadir, di mana mereka menghasilkan titik terang. Hal inilah selanjutnya yang akan dipancarkan pada layar CRT.

Layar CRT dilapisi dengan bahan khusus neon. Bahan neon menyerap energinya dan memancarkan kembali cahaya dalam bentuk foton ketika berkas elektron menyentuh layar. Ketika itu terjadi beberapa dari mereka memantul kembali seperti memantul bola kriket dari dinding. Ini disebut sebagai elektron sekunder. Mereka harus diserap dan dikembalikan ke katoda, jika tidak demikian mereka menumpuk di dekat layar dan menghasilkan muatan ruang atau awan elektron. Untuk menghindari hal ini, lapisan aquadag diterapkan pada bagian corong CRT dari dalam.

Melihat prinsip kerja dan fungsi CRT yang secara umum melakukan segala proses pengolahan sinyal dari rangkaian televisi dan mengubahnya menjadi gambar yang ditampilkan melalui layar maka kita dapat memahami hal ini sebagai satu kesatuan proses yang tidak dapat dipisahkan karena akan saling terkait dengan komponen yang ada di PCB atau perangkat tv itu sendiri.

Leave a comment