8+ Cara mengetahui flyback rusak pada televisi

Bermacam masalah yang muncul pada TV dirumah kadangkala membuat kita pusing, apalagi kalau memperbaiki televisi rusak blok horizontal, kadang menimbulkan kebingungan mendeteksi bagaimana cara mengetahui flyback rusak dengan pengukuran multimeter karena ada beberapa tipe fly back memiliki urutan pin kaki berbeda dari tipe lainnya.

Lantas bagaimana cara mengetahui fly back tv rusak misalnya konslet atau mati karena sudah tidak dapat digunakan lagi sehingga artinya kita perlu segera menggantinya dengan yang baru.

Pada beberapa kasus kita mengetahui fbt televisi short atau rusak dengan melihat fisiknya, yakni nampak bagian yang menggembung atau gosong, namun pada kasus lain hanya dengan melakukan pengukuran maka akan didapatkan kesimpulan bahwa fbt tersebut benar-benar rusak

Ciri-ciri fbt televisi rusak

Melihat pada fenomena tersebut maka kita patut mengetahui bahwa untuk memastikan adanya kerusakan pada fly back televisi maka kita dapat melihat secara langsung atau melakukan pengecekan dengan mengukur sendiri fbt tersebut sehingga mengetahui dengan seksama bagaimana kerusakan yang terjadi.

Dari beberapa kasus yang berhasil admin rangkum maka ditemukan beberapa hal yang nampak pada fly back yang kondisinya rusak, baik itu pada fly bak monitor crt atau televisi.

Berikut diantaranya:

  1. Kondisi fisik yang gosong atau mengembung
  2. Ada bagian yang meleleh
  3. Ada kebocoran atau nampak bekar bocor
  4. Pin B+ konslet saat diukur terhadap ground
  5. Bunyi saat televisi dinyalakan
  6. Bocor dengan adanya bau menyengat
  7. Fly back rusak pengaturan fokus atau screen
  8. Dan lain sebagainya

Dari beberapa poin diatas kita dapat melihat bahwa kerusakan pada fly back tv dapat bermacam-macam tergantung gejala yang muncul. Misalnya pada kasus fbt short jalur B+ maka akan mengakibatkan televisi mati total atau tidak ada power, atau dalam beberapa kasus akan menyebabkan LED power berkedip.

Ini biasanya di iringi dengan transistor horizontal yang mati atau konslet, sehingga kalau mau mengganti maka harus satu paket supaya tidak mengalami kerusakan lagi.

Menangani kerusakan fly back

Proses penanganan pada kerusakan fbt televisi memang beragam, tergantung bagaimana kondisi fly back tersebut. Kalau melihat pada kasus fly back konslet, maka jalan satu-satunya adalah mengganti fly back dengan yang baru.

Namun pada kasus lain tidak harus mengganti fly back dengan yang baru, misalnya pada kerusakan fbt bocor. Maka dapat ditambal menggunakan heat glue atau lem lainnya (kalau yang biasa admin gunakan lem putih sinetshu)

Kerusakan blur atau gambar tidak dapat fokus juga tidak perlu mengganti fly back, kita dapat mencangkoknya dengan fly back lainnya. Demikian pula dengan kerusakan pada screen yang tidak dapat diatur kecerahannya. Dapat dengan mencangkok VR atau pengaturan dari screen tersebut.

Leave a comment