2 Cara menambah efek bass pada amplifier dan speaker aktif

Memiliki amplifier rakitan dengan suara bass menggelegar diimbangi suara vokal dan treble jernih rasanya sangat puas, apalagi kalau semua itu kita buat sendiri dengan pemilihan komponen yang cermat dan memilihnya sangat hati-hati. Lantas bagaimana cara menambah efek bass pada speaker aktif buatan pabrik yang kita beli sudah dalam kondisi jadi? Ini hampir sama dengan pertanyaan tentang meningkatkan nada bass pada power amplifier yang bukan buatan kita sendiri. Tentu perlu pemahaman lebih mendalam sehingga dapat mengetahui seluk beluk dalaman rangkaian tersebut.

Pada dasarnya efek suara ngebass pada speaker aktif atau amplifier dipengaruhi oleh blok pre-amp dan tone control, dimana pemilihan nilai pada bagian ini amat penting untuk memberikan pengaruh atau perubahan nada bass yang besar dan kecil, sesuai selera penyetelan si pembuat.

Namun kalau kita ingin meningkatkan nada bass yang kuat dan bertenaga, bulat, maka perlu memahami beberapa hal sebelum mulai membuatnya. Paling tidak bagian power amplifier harus mendukung atau istilahnya ‘ngangkat’ kalau nanti dipasang kit super bass atau tone control dengan konfigurasi bass yang diperkuat.

Juga, pada bagian power supply harus dapat mencatu dengan baik sehingga tidak menyebabkan amplifier ngedrop atau kekurangan tegangan ketika dinyalakan dengan volume tinggi.

Kiat menambah nada bass tanpa ribet

Sebenarnya kita sudah pernah membahas mengenai topik penambah bass ini pada artikel sebelumnya, dimana pada tips tersebut dijelaskan langkah-langkah modifikasi sehingga sebuah tone control cukup powerful untuk menghasilkan nada bass yang kuat.

Silakan baca tulisan tersebut disini: Langkah modif tone control supaya bass nendang

Selanjutnya kita akan membahas mengenai tips memberikan efek bass yang besar namun tanpa ribet atau istilah katanya lebih singkat dan mudah dirangkai.

Kiat yang kita maksud adalah dengan menambahkan satu blok rangkaian penguat bass dimana fungsi dari rangkaian tersebut memberikan efek nada bass maupun treble yang lebih kuat dan memberikan nuansa saura hi-fi.

Menambahkan rangkaian super galaxy untuk penguat bass dan treble

Yang pertama adalah rangkaian super galaxy, giga bass atau mega bass. Rangkaian ini pada dasarnya akan memberikan penambahan nada bass yang signifikan, selain itu juga akan memberikan suara treble yang lebih renyah. Mengapa bisa demikian? Karena rangkaian ini merupakan rangkaian aktif yang menggunakan komponen utama IC atau transistor.

Rangkaian super galaxy dapat Anda beli di marketplace dengan mudah, juga dengan harga yang bersahabat. Namun kalau ingin membuatnya sendiri maka tinggal membeli pcb kosong dan belanja masing-masing komponennya.

Memasang rangkaian mega bass booster

Pilihan selanjutnya adalah dengan menambahkan sebuah rangkaian yang juga memiliki fungsi untuk menguatkan nada bass, sehingga apa yang diharapkan dapat dicapai yakni memiliki amplifier atau speaker aktif dengan nada bass cukup powerfull.

Cara kerja rangkaian bass booster adalah dengan memasangnya sebelum tone control sehingga memberikan input suara dengan konfigurasi nada bass yang diperkuat, dan memaksimalkan kerja tone control terutama untuk mengatur nada bass yang kuat.

Masing-masing komponen yang dipasang dapat Anda simak pada skema diatas, kalau ingin membuatnya dengan versi stereo maka cukup menambahkan satu channel lagi dengan komponen-komponen yang sama nilainya.

Leave a comment