Nutrisi yang Diperlukan Untuk Ibu Hamil

Wednesday, February 6th, 2013 - Kesehatan

Beberapa vitamin dan makanan sangat membantu bagi para wanita yang sedang mengandung apabila menginginkan janin mereka sehat, nutrisi yang diperlukan untuk ibu hamil patut untuk kita ketahui karena akan mempengaruhi perkembangan bayi didalam kandungan.

Melanjutkan tulisan tentang makanan untuk wanita hamil, maka sekarang akan kita bahas tentang apa saja kadar gizi yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil. Seiring dengan bertambahnya umur kandungan, maka kebutuhan akan gizi dan vitamin juga meningkat, untuk itu ada baiknya kita perhatikan dengan baik jenis makanan yang dikonsumsi.

Jenis makanan segar seperti sayur-sayuran, buah, dan daging sangat baik untuk pertumbuhan janin anda, tentunya yang paling utama adalah susu. Selengkapnya berikut ini beberapa nutrisi yang patut diperhatikan untuk membantu pertumbuhan janin:

  1. Karbohidrat berserta lemak sebagai penghasil kalori sangat dibutuhkan selama perkembangan janin, hal ini sebaiknya selalu anda kontrol. Sumber karbohidrat yang baik dapat ditemukan pada umbi-umbian misalnya ketela pohon, kentang, dll.
  2. Protein, berguna untuk membangun sel-sel baru bagi janin dan kebutuhannya terus meningkat seiring bertambahnya usia kandungan. Contoh sumber protein dapat ditemui pada kacang-kacangan, telur, ikan, dll.
  3. Kalsium, penting untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Sumber kalsium yang siap dikonsumsi dapat diperoleh dari susu kalsium yang sudah banyak dijual, atau kalau mau mencari susmber alami dapat diperoleh pada sayur-sayuran.
  4. Asam folat, memiliki peranan penting pada pertumbuhan sel darah dan syaraf. Sumber asam folat dapat ditemukan pada sayur-sayuran seperti brokoli dan bayam.
  5. Vitamin B kompleks, memiliki peranan penting pada stabilnya sistem syaraf, jantung serta otot. Sumber vitamin B kompleks dapat ditemukan pada susu, kacang kedelai, telur, dll.

Nah demikian tadi beberapa sumber makanan yang merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh wanita yang sedang hamil.

Leave a Reply