Makna Tari Saman Aceh

Wednesday, March 21st, 2012 - Kebudayaan

Tari Saman

Tari Saman adalah seni budaya tari yang berasal dari daerah Aceh. Tari Saman merupakan tarian dari suku Gayo yang biasanya dipentaskan dalam rangka memperingati perayaan-perayaan adat penting. Lagu atau syair yang digunakan dalam tari Saman ini memakai bahasa Gayo dan bahasa Arab.

Dalam pementasannya, tari Saman tidak mempergunakan alat musik, tapi suara yang mengiringi tari ini adalah nyanyian dari
suara penari langsung yang biasanya di iringi dengan menepuk paha dan dada sebagai penyeimbang antara gerakan tari dan lagu.

Makna tari Saman dikalangan masyarakat Aceh adalah sebagai bentuk cermin sopan santun, keagamaan, pendidikan, serta lambang kebersamaan yang diwujudkan dalam kekompakan para penari. Tari Saman juga digunakan sebagai media untuk menyampaikan dakwah atau pesan yang bersifat lisan.

Tari Saman adalah jenis tarian yang sangat unik karena tidak menggunakan alat musik dan juga memerlukan kekompakan diantara para penarinya. Bagaimana, apakah anda berminat milihat pertunjukan tari Saman ini?

Leave a Reply