Kali Jirak & Pantangan untuk Orang yang Baru Menikah

Tuesday, August 14th, 2012 - Supranatural

Kali Jirak yang terletak di Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta memiliki misteri yang masih terselubung terkait pantangan untuk orang yang baru menikah. Menurut nasehat orang-orang tua, bagi pasangan pengantin yang baru saja menjalani pernikahan jangan melewati kali jirak atau jembatan kali jirak, karena akan menemui aral berupa rusaknya hubungan rumah tangga atau kesialan lainnya.

Meskipun belum ada fakta yang menguatkan tentang pantangan tersebut, namun mitos akan Kali Jirak yang memiliki misteri itu memang sudah sangat dipercaya oleh warga setempat.

Untuk wanita atau pria yang baru saja menikah sebaiknya menunggu hingga beberapa waktu jika ingin melintas atau melewati Kali Jirak. Dan daripada mengambil resiko akan tertimpa musibah, memang kebanyakan masyarakat memilih tidak melanggar pantangan tersebut.

Kali Jirak adalah sebuah aliran sungai yang berada di Gunungkidul, daerah tersebut dipercaya menyimpan kekuatan mistis yang cukup kuat. Disekitar Kali Jirak sangat sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang membawa korban nyawa.

Tidak heran jika masyarakat disekitar Kali Jirak sangat taat dengan pantangan tersebut dan tidak berani macam-macam jika berada disekitar Kali Jirak. Itulah sedikit mitos tentang pantangan bagi orang pacaran atau larangan untuk orang yang baru menikah yaitu tidak boleh melintasi jembatan Kali Jirak.

Leave a Reply