Hari Baik untuk Pindah Rumah

Friday, May 25th, 2012 - Apasih

Apabila anda mencari hari baik untuk pindah rumah menurut Islam atau menurut primbon Jawa, maka berikut ini yang akan kita bahas adalah hitungan pindah rumah yang didasari oleh hitungan Jawa.

Jika dilihat dari neptu Jawa, ada hitungan tersendiri untuk tiap-tiap hari sehingga jika kita mau pindah kontrakan atau berpindah tempat tinggal maka akan lebih baik kalau mencari dulu hari apa yang kiranya paling tepat untuk melakukan proses pindahnya.

Pertama kali sungkem mengetahui hitungan neptu hari ini adalah karena di ajari oleh ayah sungkem yang pandai dalam hal hitung-hitungan hari. Menurut yang ayah sungkem bilang, ilmu menghitung hari ini bukanlah lagunya Krisdayanti, namun ilmu tersebut termasuk dalam ilmu pertanian yang kalau orang-orang dahulu menyebutnya ilmu blabak. Sungkem sendiri pernah melihat sejenis azimat milik ayah sungkem, bentuknya kotak kecil terbuat dari kayu dengan corak-corak aneh dan membuat sungkem bingung. Menurut ayah sungkem, benda tersebut adalah blabak, dan corak-corak itulah yang dijadikan patokan untuk menghitung neptu hari.

Okey, sudah dulu ceritanya. Sekarang sungkem akan memberitahu apa saja hitungan hari dan weton (hari lahir dan pasaran) yang akan kita gunakan untuk menghitung dan mencari hari baik untuk pindah rumah.

Hari/Neptu
Minggu = 5
Senin = 4
Selasa = 3
Rabu = 7
Kamis = 8
Jumat = 6
Sabtu = 9
Pasaran/Neptu
Legi = 5
Pahing = 9
Pon = 7
Wage = 4
Kliwon = 8

Lalu bagaimana cara menentukan neptu untuk mencari hari baiknya? Begini, misalnya kita mau pindah rumah pada hari Selasa Legi, maka neptunya adalah: 3+5= 8. Kemudian jumlah tersebut dibagi 6, dan sisanya dicocokkan dengan daftar watak dibawah ini. Apabila sisa 1 wataknya Sri, sisa 2 wataknya Kitri, dsb. Dan jika tidak ada sisa maka wataknya adalah urutan yang paling akhir yaitu Sempoyong.

Watak

  • 1 Sri Banyak disukai orang, sering kedatangan tamu, pergaulan luas
  • 2 Kitri Makmur, banyak rezeki
  • 3 Werdi Baik, banyak anak
  • 4 Candi Disegani, wibawa, dihormati, bahagia, sehat, selamat
  • 5 Rogo Jelek, sering kecurian di rumah dan luar rumah, pertengkaran antar keluarga
  • 6 Sempoyong Sering sakit-sakitan, sering pindah, ada yang meninggal di rumah tersebut

Perhitungan neptu hari di atas bukan digunakan untuk menentukan hari baik untuk pindah rumah saja, namun dapat pula digunakan untuk mengetahui banyak hal, misalnya hari baik pernikahan, mencari benda yang hilang, mencari sumber penyakit, dll. Selengkapnya akan kita bahas pada tulisan mendatang.

Advertisement
Leave a Reply