Google Docs, Aplikasi Office Milik Google

Monday, November 24th, 2014 - Apasih

google-docs

Kemarin dan tadi pagi saya abis ditanya ama temen masalah sebuah file attachment dari email yang ternyata berekstensi .docx (Ms. Word 2007) yang ternyata tidak bisa dibuka di versi 2003. Kebetulan juga di komputernya tidak tersedia program Office 2007.

Saya sih santai saya, karena ini bukan masalah besar buat saya, masalah besarnya adalah saya besar kepala.

Lanjut !

Sebenarnya untuk membuka file Ms. Word 2007 di 2003 bisa saja tanpa harus menginstall Office 2007, cuma dengan menambahkan pluginnya saja. Tapi kalau saya harus nyari kemudian mendownloadnya, habis itu diinstall, rasanya kelamaan. Nah, pada saat itulah saya teringat dengan aplikasi warisan mbah saya, namanya Google Docs.

Google docs secara tidak sengaja saya temukan ketika saya mencari Online Storage atau hosting file. Saya pengen menyimpan file-file word saya secara aman diinternet, namun malah saya dapatkan lebih setelah menemukan Google Docs.

Di Google Docs, (selanjutnya saya panggil saja GDs) bukan cuma file Word aja yang diurus, ada Spreadsheet (biasanya Excell), Drawing (hampir sama dengan Toolbar Drawing pada Ms. Word) dan Form untuk survey.

Namun, selain berfungsi sebagai pengolah, GDs juga sering saya gunakan untuk mengconvert file dari 2007 ke 2003. Caranya mudah tinggal upload kemudian download, lebih lengkapnya seperti ini.
Pertama Sign In ke Account Google dulu, kalau belum punya biasanya disuruh bikin (pasti !). Setelah masuk klik pada Upload – Files.

Baru setelah itu muncul pertanyaan tentang pengkorversiannya.

Klik start upload dan window kecil dipojok kanan bawah akan muncul, menandakan proses penguploadan.

Nah kalau sudah selesai klik judul file tadi yang diupload, maka akan muncul tab baru dari file yang diupload tadi. Habis itu baru di download.

Begitulah kalau panjenengan mau convert file Office 2007 ke versi bawahnya, mungkin agak ribet tapi daripada nyari plugin atau bahkan mendadak install Office 2007, saya rasa cara saya lebih praktis. Tapi kalau ternyata panjenengan internetnya kadang-kadang dan ogah instal Office 2007, alangkah lebih baiknya download pluginnya dan install.

Sayangnya, Google terus melakukan perubahan, tanpa terkecuali untuk Google Docs ini. Jadi, tutorial ini mungkin hanya bertahan sampai beberapa bulan ke depan. Karena mungkin beberapa bulan kedepan Google Docs sudah berubah dan postingan ini sudah tidak relevan lagi.

Pesan saya, kalau panjenengan tidak mau dibikin bingung, silakan sempatkan waktu buat update tentang informasi yang panjenengan butuhkan walau hanya sekejap.

Oleh: Sugito Kronjot, 10 Juni 2011

Leave a Reply