Gatotkaca – Satria dari Pringgadani

Wednesday, March 21st, 2012 - Kebudayaan

Gatotkaca

Gatotkaca, pasti kita sudah mengenal tokoh pewayangan yang satu ini. Gatotkaca atau ejaan dalam bahasa bahasa Sanskerta: घटोत्कच; Ghattotkacha adalah tokoh dalam seni budaya wayang kulit yang berkembang di daerah Jawa dan Bali.

Gatotkaca merupakan putra dari Werkudara atau Bimasena dan merupakan anggota keluarga Pandawa. Seperti kita ketahui, dalam cerita wayang kulit ada dua trah keluarga besar yaitu keluarga Pandawa dan keluarga Korawa. Mengenai penjelasan diantara keduanya, kita
bahas saja di lain kesempatan.

Dalam cerita pewayangan, Gathotkhaca dikisahkan mempunyai kesaktian yang luar biasa yaitu dapat terbang tanpa sayap serta dikenal dengan julukan otot kawat tulang besi. Ibu Gatotkaca adalah Arimbi, putri prabu Tremboko dari kerajaan Pringgadani.

Mengenai kematian Gatotkaca, ada beberapa versi yang menyebutkan tentang gugurnya satria Pringgadani ini. Menurut versi Jawa, Gatotkaca tewas dalam perang Baratayuda di tanah Kurukshetra saat berperang menghadapi Karna, yaitu pemilik senjata Kontawijaya.

Dalam peperangan tersebut Gatotkaca menciptakan seribu kembaran dirinya sehingga membingungkan Karna, namun berkat bantuan arwah ayahnya Batara Surya, Karna berhasil mengenali mana Gatotkaca yang asli. Dan akhirnya Gatotkaca tewas terkena senjata Kontawijaya milik Karna, dan mayatnya jatuh menimpa kereta Karna sehingga menyebabkan kereta tersebut hancur berkeping-keping.

Leave a Reply