“Duit Iku Melu Wong Kepenak” Benarkah?

Saturday, August 4th, 2012 - Personal

Saat berbincang dengan warga di kampungku, aku sempat mendengar perkataan seorang warga yang agak menggelitik, katanya “duit iku melu wong kepenak, nek gur wong koyo awak’e dewe ngene iki ora bakal sugih” begitu katanya dalam bahasa Jawa.

Kalau di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia kurang lebih artinya “uang itu ikut orang yang hidupnya mapan, kalau hanya orang biasa seperti kita ini ga bakal menjadi kaya“.

Kalau dilihat sekilas memang sepertinya omongan diatas bener juga, kebanyakan orang yang hidupnya mapan, semakin mudah dalam segala urusan. Bahkan untuk kesalahan-kesalahan yang tergolong ‘tindak kriminal’ pun kadang bisa ditutupi dengan uang.

Namun bukan berarti orang biasa seperti kita ini tidak berhak mendapat uang melimpah. Kalau dipikir lagi, orang kaya itu mungkin saja karena mereka kerja keras pada awalnya. Sedangkan kita hanya memandang sekilas saja, hanya nampak kesuksesannya tanpa tahu perjuangannya.

Jadi kalau uang itu selalu mengikuti orang yang hidupnya serba enak, mengapa kita tidak mencoba untuk hidup lebih enak, agar uang selalu mengikuti kita?

Leave a Reply