Antara Setan dan Iblis

Saturday, March 24th, 2012 - Supranatural

Kalau mendengar orang menyebut kata setan pasti yang kita bayangkan adalah sosok makhluk menyeramkan dengan tanduk dikepala, padahal apakah memang seperti itu wujud setan yang sesungguhnya?

Antara setan dan iblis adalah sama-sama makhluk yang membangkang terhadap perintah Tuhan untuk bersujud kepadaNya, namun banyak yang sudah menyebutkan jika antara keduanya masih ada perbedaan mendasar.

Yang namanya iblis adalah makhluk dari golongan jin yang tidak taat perintah Allah, sedangkan setan atau syaitan merupakan suatu simbol dari nafsu jahat yang ada dalam diri manusia. Itulah sebabnya ada dua wujud setan yang dimaksudkan, yaitu setan dalam wujud sebenarnya yang berasal dari golongan jin dan setan yang berupa manusia, dalam hal ini merupakan simbol dari sisi jahat yang ada pada diri manusia.

Jadi kalau kita bertanya-tanya tentang seperti apa wujud setan? Mungkin ada baiknya kita berkaca terhadap diri sendiri, apakah kita sudah melakukan kebaikan atau masih dipenuhi dengan hawa nafsu jahat yang merupakan simbol dari setan berwujud manusia?

Leave a Reply