2 Skema rangkaian alat bantu dengar menambah peka pendengaran telinga

Alat bantu dengar adalah sebuah perangkat yang memberikan dukungan pendengaran khusus untuk orang yang memiliki masalah pendengaran, yang mana akan menambah kepekaan telinga dengan rangkaian alat bantu dengar khusus dengan komponen tertentu sehingga suara dari luar akan dikuatkan dan membuat telinga yang tadinya tidak jelas mendengar sesuatu akan lebih jelas dan dapat didengarkan oleh pasien.

Belakangan ini skema alat bantu dengar buatan sendiri makin mudah ditemukan disamping banyaknya produk yang menawarkan perangkat serupa, kalau dilihat dari segi kualitas dan kepraktisan tentu saja membeli alat menambah peka pendengaran telinga adalah langkah paling tepat karena sudah siap pakai.

Namun bagi yang suka berkreasi mungkin membuat alat bantu dengar sendiri dari komponen-komponen yang ditemukan disekitar kita akan memberikan tantangan baru sehingga kita dapat merakit sendiri rangkaian penambah kepekaan pendengaran tersebut.

Fungsi

Alat bantu dengar akan menolong bagi mereka yang memiliki masalah pendengaran, memperjelas suara dari luar sehingga kita lebih mudah menerima panggilan dan dapat berkomunikasi dengan orang lebih mudah.

Lebih jauh mengenai alat bantu dengar

Alat bantu pendengaran ini memiliki banyak susunan komponen didalamnya, yang akan bekerja maksimal bagi orang yang memiliki keterbatasan pendengaran atau gangguan telinga. Ini memang dikhususkan bagi mereka yang memerlukan pertolongan dari segi pendengaran karena kurang jelas atau kurang akurat.

Pada umumnya alat bantu dengar menggunakan komponen utama sebuah IC yang didukung oleh beberapa transistor dengan resistor dan menggunakan sumber daya baterai sebagai power supply.

Namun ada pula jenis alat bantu dengar buatan sendiri yang terdiri dari beberapa komponen dengan susunan lebih sederhana sehingga mudah dipahami dan dibuat sendiri.

Lebih jauh mengenai hal ini akan kita sampaikan pada 2 macam rangkaian alat bantu dengar dibawah ini, dengan beberapa komponen yang tidak sama. Harapannya dapat memberikan pemahaman tentang alat bantu dengar yang akan digunakan pada beberapa keperluan khususnya membantu mereka yang memerlukan pertolongan terkait masalah telinga.

Rangkaian alat bantu dengar sederhana

Berikut ini adalah contoh rangkaian alat bantu dengar dalam bentuk diagram, yang menggunakan komponen-komponen umum dan mudah dijumpai disekitar kita. Memberikan kemudahan dari segi pembuatan alat tersebut, dan biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak.

Pada gambar diatas kita dapat melihat beberapa komponen yang digunakan sebagai bagian utama dari alat bantu dengar tersebut, dan beberapa komponen pendukung yang mudah dijumpai.

Menggunakan mic sebagai penangkap sinyal suara kemudian dikuatkan dalam rangkaian semacam mini amplifier, yang selanjutnya akan dirubah menjadi sinyal suara melalui speaker atau earphones.

Alat ini cukup mudah dipahami dan tidak mustahil kita dapat membuatnya sendiri sehingga lebih hemat biaya serta tidak memerlukan pemahaman secara mendalam karena kesederhanaan rangkaian tersebut.

Skema alat bantu pendengaran telinga yang lain

Selain rangkaian alat bantu telinga diatas dapat pula dijumpai skema alat bantu dengar yang lain yang menggunakan komponen lain yang lebih kompleks, namun menghasilkan suara yang maksimal tentunya.

Skema diatas menggunakan komponen-komponen yang lebih baik dari rangkaian sebelumnya, namun tidak menghilangkan ciri khusus dari sisi kepraktisannya sehingga kita dapat membuatnya sendiri dirumah.

Memahami satu persatu komponen yang digunakan mungkin tidak mudah, namun kalau kita sudah mahir maka tidak menutup kemungkinan untuk membuat sendiri alat bantu pendengaran telinga tuli sehingga lebih hemat biaya dan sesuai dengan apa yang diharapkan.